Tips Membeli Kendaraan Bermotor Secara Kredit

Kebutuhan manusia terhadap alat transportasi semakin meningkat, seiring dengan bertambahnya aktifitas dan jumlah anggota masing-masing keluarga. Masih carut marutnya transportasi publik membuat sebagian masyarakat merasa enggan untuk menggunakannya, dan beralih menggunakan kendaraan bermotor pribadi untuk memudahkan mobilitas sehari-hari. Kecenderungan ini dimanfaatkan sejumlah dealer kendaraan brand ternama dengan terus melakukan promosi gencar-gencaran untuk meraih perhatian calon konsumen terhadap kendaraan produksinya. Diantaranya adalah dengan memaparkan berbagai kelebihan kendaraan, baik dari segi teknis maupun kepemilikan, dimana masyarakat dapat dengan mudah memiliki kendaraan bermotor secara kredit.

Kredit memang telah menjadi salah satu cara yang umum diterapkan oleh masyarakat di Indonesia, ketika mereka berkeinginan untuk memiliki suatu barang, namun mengalami kendala akibat uang yang dimiliki tidak sesuai dengan harga barang. Siapapun dapat mengajukan kredit kepemilikan kendaraan bermotor, asal telah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Berdasarkan jenis kendaraan, Anda mempunyai pilihan untuk mengajukan kredit mobil dan/atau kredit sepeda motor. Sedangkan berdasarkan lembaga penyedia layanan kredit, Anda dapat mengajukan permohonan kredit kendaraan bermotor pada pihak bank atau lembaga pembiayaan (leasing).
Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengajukan kredit kendaraan bermotor, yakni:
Jenis Kendaraan Bermotor
Penawaran berbagai jenis kredit kepemilikan kendaraan bermotor makin bervariasi bersamaan dengan munculnya berbagai tipe kendaraan dengan kemampuan dan kapasitas. Contohnya saja, kredit mobil murah dipromosikan bersamaan dengan hadirnya beberapa jenis mobil murah di pasaran. Meski demikian, ‘murah’nya harga kendaraan bermotor sebaiknya tidak dijadikan alasan utama mengapa Anda memutuskan untuk membeli kendaraan tersebut (secara kredit). Pertimbangkan kembali mengenai kebutuhan Anda terhadap suatu jenis kendaraan. Apakah mendesak, atau dapat digantikan dengan jenis kendaraan lain seperti mobil bekas, misalnya. Sangat tidak disarankan untuk mengajukan kredit mobil/ motor hanya karena gengsi atau gaya hidup. Jangan lupa pikirkan kembali tentang medan/ kondisi jalan dan lalu lintas di sekitar Anda, kesesuaian antara kapasitas mobil dengan jumlah anggota keluarga, serta aktifitas apa saja yang Anda lakukan.
Pembiayaan
Keputusan untuk memiliki atau membeli kendaraan bermotor sebaiknya dibuat berdasarkan penghitungan yang akurat tentang jumlah pendapatan dengan angsuran kredit mobil/ motor.
Jika Anda memiliki cukup dana untuk membayar uang muka pembelian kendaraan bermotor dan angsuran kredit mobil/ motor tidak melebihi 1/3 dari penghasilan, maka kondisi keuangan Anda berada dalam posisi ideal untuk mengajukan kredit kepemilikan kendaraan bermotor.
Anda juga dapat memikirkan kembali tentang membeli kendaraan bermotor bekas atau second, jika kebutuhan terhadap kendaraan sudah mendesak sementara dana yang Anda miliki tidak cukup untuk membayar uang muka maupun angsuran kendaraan bermotor baru. Jangan khawatir karena layanan kredit mobil bekas juga telah tersedia di beberapa lembaga penyedia layanan kredit.
Lembaga Pembiayaan Kredit
Ada dua jenis lembaga yang dapat Anda jadikan pilihan untuk mengajukan permohonan kredit kepemilikan kendaraan bermotor. Pertama, perbankan. Dewasa ini bank telah secara aktif menawarkan berbagai produk kredit kepemilikan kendaraan bermotor, baik untuk kredit motor, kredit mobil baru, maupun kredit mobil bekas. Hanya saja perbankan menerapkan syarat dan ketentuan yang lebih strict agar suatu permohonan kredit kendaraan bermotor dapat disetujui.
Kedua, lembaga pembiayaan (leasing). Biasanya leasing menjalin kerja sama dengan produsen kendaraan merek tertentu, baik melalui Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) maupun dealer. Jika Anda memutuskan untuk mengajukan kredit motor/mobil pada leasing tertentu, disarankan agar Anda memeriksa reputasi leasing serta syarat dan ketentuan yang terdapat dalam surat perjanjian kredit. Jangan sampai pembayaran angsuran kredit nantinya memberatkan Anda secara finansial.
Suku Bunga Kredit yang Tepat
Ini adalah satu hal penting lain yang wajib menjadi pertimbangan Anda sebelum mengajukan permohonan kredit kepemilikan kendaraan bermotor, baik pada pihak perbankan maupun leasing. Setelah pengajuan kredit disetujui, Anda dibebani kewajiban untuk mengangsur kredit plus bunga kredit yang telah ditetapkan. Sedangkan suku bunga kredit yang diterapkan terdiri dari suku bunga tetap (flat rate) dan suku bunga mengambang (floating rate).
Sesuai dengan namanya, suku bunga tetap tidak mengalami perubahan meski sewaktu-waktu terjadi perubahan suku bunga SBI (Sertifikat Bank Indonesia), dan besarnya tidak melebihi dari perjanjian kredit yang telah disepakati. Di sisi lain, Anda berpeluang diuntungkan jika suku bunga kredit yang diterapkan adalah suku bunga mengambang, dimana suku bunga jenis ini besarnya dipengaruhi oleh perubahan pada suku bunga SBI. Namun, perubahan suku bunga SBI tidak dapat kita ketahui dengan pasti, dan bisa saja Anda akan mengalami kerugian jika suku bunga SBI mengalami peningkatan.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saving Money Info - Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger