Ongkos Punya Mobil Sendiri Ternyata Lebih Mahal

Mobil dapat menjadi musuh utama bagi kantong Anda setiap bulannya.
Pekerja di Amerika Serikat (AS) rata-rata berkendara sejauh 15.000 mil setiap tahunnya dalam sedan berukuran sedang seperti Toyota Camry atau Ford Fusion. Jika Anda memiliki pola berkendara yang sama, Anda harus merogoh rata-rata $750 setiap bulannya atau $9.150 per tahun untuk bensin, perawatan, ban, asuransi penuh, biaya SIM dan registrasi, serta biaya lainnya.
Ini berdasarkan laporan tahunan klub otomotif AAA atas biaya berkendara di AS 2013. Datanya didasarkan pada pembelian mobil dan lama mengendarainya selama lima tahun dengan jarak 75.000 mil.
Menurut AAA jika Anda memiliki SUV biayanya sekitar $967 per bulan.
Ada juga biaya dadakan yang tidak dihitung oleh AAA. Ini seperti mencuci mobil setiap bulan seharga $10 dan biaya parkir sekitar $40. Biaya untuk jenis parkir lainnya dapat mencapai $300 setiap tahunnya. Ini tidak termasuk biaya kena tilang.
Anda mungkin harus meminjam dari bank sebesar $40.000 untuk membangun garasi seluas 400 kaki persegi.
Rata-rata orang Amerika menghabiskan 50 menit setiap harinya bolak-balik kantor-rumah. Dengan ini saja Anda telah menghabiskan sekitar $25.000 per tahun untuk waktu yang terbuang.
Setelah 10 tahun, waktu Anda yang terbuang bernilai sampai $52.000. Ini belum termasuk biaya pembelian mobil sebesar $94.500, tak termasuk garasi.
“Biaya transportasi bervariasi tergantung wilayah,” kata Linda Young, direktur riset di Center for Neighborhood Technology (CNT) di Chicago.
Kota dengan harga properti tertinggi di AS, San Fransisco dan New York, merajai peringkat CNT sebagai kota dengan biaya transportasi paling terjangkau. Kota yang lebih besar dan tersebar, seperti Houston atau Tampa, menjadi tidak murah jika dilihat dari biaya transportasi.
“Biaya transportasi berkurang di tempat yang padat, dekat kantor, dengan moda transportasi bervariasi. Di wilayah yang lebih besar, biayanya lebih tinggi karena orang memiliki lebih banyak mobil dan jarak berkendaranya lebih jauh,” kata Young.
Berikut beberapa tips untuk mengurangi biaya akibat mobil Anda.
1. Jangan beli yang tidak Anda butuhkan
Pertimbangkan pendanaan jangka panjang sebelum membeli mobil. Menurut AAA, perbedaan biaya tahunan antara sedan kecil dan menengah setiap tahunnya mencapai lebih dari $2000. Perbedaan antara sedan menengah dan besar juga serupa.
“Di ruang pameran mungkin bedanya $5000, tapi dalam jangka panjang bisa sampai ratusan ribu dollar,” kata Michael Calkins, manajer dan teknisi di AAA Florida. Ia mengompilasi angka dalam laporan tahunan “Your Driving Cost”, juga rilisan AAA.
2. Jangan beli mobil baru
“Pengeluaran satuan terbesar adalah jatuhnya harga —ini faktor yang kerap diabaikan saat membeli mobil,” kata Calkins.
Meski tingkat jatuhnya harga mobil bervariasi, biasanya “di tahun pertama harga mobil jatuh sekitar 20%,” kata Ron Montoya, penasihat konsumen di Edmunds.com di California.
Menurut Calkins, untuk mengurangi harga, Anda sebaiknya membeli mobil bekas yang nilainya tetap tinggi, seperti Honda Accord atau Toyota Camry.
“Mercedes, BMW, atau Lexus adalah mobil yang sangat baik, tapi harganya jatuh drastis dalam dua tahun pertama,” katanya.
3. Baca manual pemakaian mobil.
Biaya perbaikan memang lebih besar untuk mobil lama. Meski demikian, “semakin lama Anda memiliki mobil, biaya kepemilikan dan operasinya lebih kecil,” kata Calkins. “Mobil-mobil saat ini dapat diandalkan dan dapat menempuh 100.000 mil tanpa perbaikan besar-besaran.”
Namun jangan merawat mobil Anda dengan berlebihan dengan ganti oil dan sejenisnya. Mobil telah berkembang banyak dalam puluhan tahun terakhir. Menurut Calkins, mesin mobil sekarang lebih kuat dan olinya bekerja lebih baik.
Anda juga disarankan membaca manual bagi pemilik mobil.
“Selalu ada bagian untuk perawatan selanjutnya yang dibutuhkan mobil,” kata Montoya. Konsultasikan kepada bengkel Anda soal perkiraan biaya.
Ada beberapa aplikasi yang membantu Anda melacak penggunaan bensin seperti Fuelly atau Road Trip, yang dipakai Montoya.
4. Tanya biaya asuransi
Sebelum membeli mobil baru, konsultasikan pada perusahaan asuransi soal model yang Anda inginkan. Anda mungkin kaget dengan jawaban asuransi Anda.
“Anda akan menganggap mobil ekonomi subkompak akan sangat murah biaya asuransinya, tapi itu tidak selalu demikian,” kata Calkins. “Sebaliknya, dengan mobil mahal seperti Mercedes, biaya asuransinya akan wajar karena pemilik mobil seperti itu biasanya mengendarainya dengan sangat hati-hati.”
Sumber

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saving Money Info - Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger