Tips Cerdas Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Pernahkah Anda mengalami over budget dalam mengelola keuangan rumah tangga karena banyaknya pengeluaran tak terduga? Manajemen keuangan yang baik dari seorang ibu rumah tangga akan menentukan kesehatan kondisi keuangan dalam rumah tangga.
Salah satu cara mengatur perbelanjaan rutin (bulanan) adalah dengan memasukkan uang belanja kedalam amplop-amplop terpisah sesuai dengan anggaran yang telah disusun. Bagaimana mengaplikasikannya? Simak tips cerdas mengelola keuangan rumah tangga berikut ini :

  1. Buatlah pos-pos amplop seperti : Pos groceries ( belanja di pasar atau supermarket), toiletries (sabun, sampho, odol dan kebutuhan lainnya), susu anak-anak, bensin (termasuk tol, parker, House hold items (piring, lampu, antenna TV dan kebuthan rumah tangga lainnya). Pakaian, ertertainment ( mainan anak, buku, majalah, makan diluar).
  2. Tulis masing-maisng amplop dengan nama-nama pos yang telah dikelompokan, isilah masing-masing pos tersebut dengan nominal pengeluaran yang telah dianggarkan.
  3. Jika memungkinkan buatlah shopping list untuk masing-masing pos yang telah dibuat, list dapat ditulis dibelakang amplop agar praktis dan tidak hilang
  4. Selain harus mencatat apa yang harus dibelanjakan, menyusun prioritas juga tidak kalah pentingnya, apakah itu berkaitan dengan kebutuhan atau keinginan saja?
  5. Perlu juga dicatat bahwa untuk belanja rutn lainnya yang jumlahnya tetap seperti anggaran listrik, SPP anak, cicilan rumah sebiknya langusng di autodebit dari rekening bank.
Idealnya ketika uang dalam suatu amplop sudah habis, semua pembelanjaan untuk pos tersebut harus dihentikan. Awalnya akan terasa berat namun itu adalah proses agar bunda dapat menumbuhkan kedisiplinan dalam berbelanja.
Semoga bermanfaat
Sumber

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saving Money Info - Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger