Usaha Loundry yang Kian Menjamur
Munculnya beragam merek laundry belakangan ini, menjadi salah satu bukti nyata bahwa peluang usaha
jasa binatu semakin hari semakin diminati pasar. Bahkan tidak sedikit
pelaku usaha yang mengembangkan bisnis laundrynya dengan sistem
kemitraan (franchise). Sebab, peluang pasarnya masih sangat luas dan
prospek bisnisnya pun masih sangat bagus. Sehingga diperkirakan untuk
tahun-tahun ke depannya peluang bisnis ini akan mengalami peningkatan
yang cukup tajam.
Pasar laundry yang semakin terbuka lebar sepertinya menjadi sasaran
tepat bagi para pelaku usaha. Tak heran bila saat ini hampir di setiap
pelosok daerah baik di kota maupun di daerah pinggiran, semakin banyak
bisnis laundry yang bermunculan. Hal inilah yang mendorong beberapa
pelaku bisnis laundry mulai tertarik untuk mengembangkan bisnisnya
melalui franchise dengan investasi yang beragam.
Konsumen
Target pasar franchise laundry adalah para pemula atau pencari usaha
yang berminat menjalankan bisnis jasa binatu tanpa perlu memulainya dari
nol. Banyaknya konsumen yang membutuhkan jasa laundry seperti para
mahasiswa, anak kost, para pegawai, serta masyarakat umum yang tidak
memiliki cukup waktu untuk mencuci sendiri di rumah. Membuat pangsa
pasar bisnis ini cukup luas, dan menjadi ladang bisnis yang sangat
potensial untuk digarap.
INFO PRODUK
Seiring dengan perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat modern yang cenderung tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci baju-baju kotornya, bisnis laundry tentu menjadi salah satu jenis usaha yang tidak pernah berhenti dicari konsumen. Inilah yang membuat jumlah franchise laundry kian menjamur.
Lalu, kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan para calon franchisee
(calon mitra) sebelum mereka menjalankan bisnis franchise laundry? Mari
kita simak info bisnis yang perlu disiapkan.
- Siapkan lokasi usaha yang strategis. Misalnya dengan memilih lokasi yang ada di sekitar kost mahasiswa, pemukiman warga, atau dekat dengan perkantoran maupun pusat kota. Sebab, konsumen potensial Anda adalah kalangan masyarakat yang memiliki tingkat kesibukan cukup tinggi (seperti masyarakat yang tinggal di perkotaan).
- Lakukan survey pasar sebelum akhirnya memilih brand dari franchise laundry yang akan Anda ikuti. Saat ini banyak franchisor (penyelenggara kemitraan) jasa laundry yang menawarkan berbagai macam investasi cukup menggiurkan, namun belum tentu semuanya memberikan untung besar. Karena itu sebaiknya cari informasi tentang profil perusahaan tersebut, mulai dari siapa pemiliknya, berapa lama mulai berjalan, bagaimana SOP yang ditawarkan, bagaimana laporan keuangannya, dan seberapa besar respon masyarakat terhadap brand tersebut. Sehingga Anda tidak salah memilih kemitraan.
- Ikutilah program training (pelatihan) karyawan yang diberikan franchisor. Hal ini sangat penting, mengingat pelatihan tersebut menjadi bekal Anda agar dapat menjalankan usaha sesuai dengan standar operasional yang ditetapkan franchisor.
- Siapkan modal usaha yang cukup. Meskipun dengan membayar dana investasi yang ditentukan investor hampir semua keperluan usaha sudah disiapkan mereka. Namun sebaiknya Anda juga memiliki dana cadangan sebagai tambahan modal selama menjalankan usaha. Sebab, persaingan bisnis franchise laundry sudah semakin besar sehingga pengembangan usaha juga sangat dibutuhkan ketika menjalankan sebuah kemitraan.
Setiap harinya tingkat kebutuhan konsumen akan jasa laundry semakin
menunjukan peningkatan yang cukup signifikan. Sehingga berinvestasi di
bisnis franchise laundry menjanjikan
keuntungan yang cukup besar, karena peluang pasar bisnis tersebut juga
semakin terbuka lebar. Disamping prospek bisnisnya yang sangat bagus,
franchise laundry juga membantu Anda khususnya para pemula untuk bisa
memulai usaha dengan mudah. Dengan investasi yang Anda tanamkan pada
kemitraan tertentu, maka secara tidak langsung semua peralatan dan
bahan baku usaha sudah disiapkan oleh para franchisor. Jadi, sebagai
mitra Anda hanya perlu mempersiapkan lokasi usaha serta calon tenaga
kerjanya saja.
Kekurangan bisnis
Walaupun bisnis franchise memudahkan Anda untuk memulai usaha, namun
saat ini persaingannya sudah sangat tinggi. Bahkan dalam satu lokasi
yang strategis (seperti dekat dengan kampus dan perkotaan) dimungkinkan
ada beberapa merek franchise laundry yang sudah berdiri. Karena itu
sebagai calon franchisee Anda harus pintar-pintar dalam memilih brand
yang akan diikuti dan cermat dalam memilih lokasi usaha. Pastikan Anda
memilih brand laundry yang sudah dikenal masyarakat luas dan memilih
lokasi usaha yang belum terlalu banyak saingannya. Sehingga peluang Anda
untuk menguasai pasar masih terbuka lebar.
STRATEGI PEMASARAN
Jika franchise makanan lebih menggunakan both (gerobak menarik) sebagai
daya tarik tersendiri bagi bisnisnya, maka franchise laundry memilih
strategi promosi dengan menggunakan warna-warna cerah pada logo
bisnisnya, peralatan usahanya, sampai pengecatan tempat usaha dengan
warna senada. Inilah yang membuat franchise laundry lebih terlihat
menarik dibandingkan bisnis laundry non kemitraan. Sehingga konsumen
lebih tertarik untuk mampir dan menggunakan jasa laundry dengan sistem
franchise.
Selain penampilannya yang cukup menarik, pemasaran bisnis franchise
laundry didukung dengan peralatan promosi yang cukup menarik. Misalnya
saja neon box atau papan nama yang bertuliskan nama franchise dan logo
dari brand tersebut. Strategi ini akan memudahkan para pelaku usaha
untuk menginformasikan keberadaan bisnisnya kepada khalayak ramai,
sehingga franchise laundrynya diketahui para konsumen yang melewati
lokasi tersebut. Selanjutnya para franchisee juga dapat menggunakan
brosur atau pamflet untuk mempromosikan bisnisnya ke masyarakat sekitar.
Dengan demikian jumlah konsumen yang mengetahui keberadaan bisnis Anda
semakin meningka setiap harinya.
Kunci Sukses
Dalam menjalankan franchise laundry yang terpenting adalah pelayanan
prima kepada konsumen Anda. Pastikan bahwa tenaga kerja Anda benar-benar
terlatih dan selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para
konsumennya. Hal ini sangatlah penting, karena loyalitas pelanggan
menjadi aset utama Anda dalam menjalankan usaha.
Bagi Anda yang tertarik menekuni peluang bisnis franchise laundry. Berikut ini kami informasikan salah satu contoh analisa ekonomi yang ditawarkan franchisor jasa laundry di Indonesia.
Analisa Ekonomi
Asumsi
Berikut adalah analisa ekonomi dari penawaran franchise dengan brand “Simply Fresh Laundry”
Modal awal
Biaya investasi standar Rp 109.000.000,00
Biaya Operasional Per Bulan
Royalti 8 % dari omset Rp 1.960.800,00
Detergen, pewangi, plastik Rp 1.225.500,00
Listrik Rp 1.000.000,00
Gaji pegawai (5 orang @ Rp 700.000,00) Rp 3.500.000,00
Lain-lain Rp 490.200,00
Sewa tempat & operasional Rp 1.960.800,00 +
Total Rp 10.137.300,00
Omset per bulan
Pendapatan kiloan (98 kg/hari x Rp 6.500,00 x 30 hr) Rp 19.110.000,00
Pencucian perpotong (20 potong x Rp 9.000,00 x 30 hr) Rp 5.400.000,00 +
Total Rp 24.510.000,00
ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba bersih per bulan) = ± 8 bulan
Tingginya tingkat kebutuhan konsumen akan jasa laundry, membukakan pintu
peluang bagi Anda yang ingin terjun di bidang usaha. Semoga informasi
peluang bisnis untuk pekan ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda.
Selamat berkarya dan salam sukses.
07.45
|
Label:
Wirausaha
|
This entry was posted on 07.45
and is filed under
Wirausaha
.
You can follow any responses to this entry through
the RSS 2.0 feed.
You can leave a response,
or trackback from your own site.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar