Kempeskan Dompet Anda

Memiliki dompet tebal bukan lagi jaminan tebal pula uang yang disimpan di dalamnya. Kehidupan yang serba mengandalkan kartu plastik menjadi salah satu penyebab semakin menebalnya dompet.Kartu kredit, ATM, kartu identitas seperti KTP dan SIM, kartu NPWP, serta kartu-kartu keanggotaan dari mulai rumah sakit, asuransi, dan membership ini itu, memadati dompet yang ukurannya tak seberapa besar.

Apalagi dengan aktivitas keuangan yang lebih banyak mengandalkan ATM dan kartu kredit, dompet seringkali lebih banyak diisi dengan struk ATM atau kartu kredit ketimbang uang tunai. Akibatnya, dompet terlihat seperti tempat sampah dengan struk ATM dan kartu kredit yang seiring berjalannya waktu berubah warna menjadi kuning dan lecek saking lamanya bertempat tinggal di dompet.

Belum lagi kalau Anda hobil menyimpan uang logam di dompet. Uang logam, membuat tak hanya dompet terlihat tebal, tapi juga membuat dompet rusak. Perhatikan bulatan-bulatan yang tercap di lapisan kulit dompet, sesuai dengan ukuran uang logam yang disimpan.

Menipiskan isi dompet, selain membuat penampilan dompet Anda lebih layak, juga membuat penampilan Anda jauh lebih pantas. Paling tidak, saat dompet dikeluarkan dari kantong atau tas, tidak lagi terdapat hal-hal yang memalukan. Bagaimana caranya? Simak tiga saran mengempeskan dompet Anda berikut ini:

Pisahkan kartu. Pilih dua sampai tiga kartu yang sering Anda gunakan sehari-hari – biasanya KTP, kartu kredit dan dan ATM utama – dan letakkan di slot kartu utama pada dompet. Kartu-kartu lain yang jarang digunakan, atau baru sebulan sekali Anda gunakan, ditumpuk menjadi satu dan simpan secara bersamaan di salah satu bagian dompet. Dengan tidak meletakkan seluruh kartu pada slot kartu di dompet akan mengurangi bagian yang menebal karena lapisan kulit dompet menjepit satu kartu dengan yang lain, sebanyak kartu yang disimpan pada slot kartu. Coba saja, dan dijamin dompet Anda akan mengempes.

Abadikan struk. Jaman sudah modern, tidak perlu lagi menyimpan struk berpuluh-puluh lembar di dompet. Kalau Anda merasa struk tersebut penting, cukup abadikan dengan kamera ponsel atau gadget. Buat folder berdasarkan tahun dan bulan untuk menyimpan foto-foto struk. Anda bisa juga mengirmkan foto ke email pribadi, mengunduhnya, lalu menyimpan di laptop dengan sistem folder yang serupa, demi kenyamanan. Setelah melakukan itu, tahapan terberat harus Anda lakukan: buang struk dari dompet. Awalnya pasti sulit, namun lama kelamaan bakal lebih mudah. Dan yang terpenting, dompet terlihat langsing dan lebih cantik.

Singkirkan uang logam. Yup, singkirkan uang logam dari dompet. Berjanji pada diri sendiri, tak akan lagi pernah menyimpan uang logam di dompet. Alih-alih menyimpan di dompet, simpan di tas, kantong, mobil, atau berikan sebagai tip atau sedekah.
Sumber

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saving Money Info - Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger