Sisihkan 11% dari Penghasilan untuk Investasi Masa Tua

Ketua Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI), Denny Taher menghimbau masyarakat bisa pandai-pandai mengelola keuangan untuk masa tua. Caranya dengan menyisihkan sebagian penghasilan untuk investasi. Untuk bisa menikmati masa tua paling tidak seseorang bisa menyisihkan 11% penghasilannya untuk investasi.
“Untuk perencanaan keuangan, seseorang bisa menyisihkan penghasilannya 68% untuk kebutuhan sehari-hari, 14% saving and deposito, 5% untuk asuransi, 11% untuk investasi dan sisanya 2% bisa digunakan untuk liburan,” kata Denny, saat acara Infobank Talkshow “Cara Cerdas Berinvestasi Untuk Masa Depan,” di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa, 15 April 2014.
Namun, investasi apa yang bisa diandalkan? Denny mensarankan untuk pemula ada baiknya memulai investasi reksa dana. Keunggulan investasi ini selain murah, dana investor dikelola oleh orang yang handal (manager investasi) dan memiliki diversifikasi investasi.
Selain itu, produk reksa dana telah dirancang aman, sehingga dana nasabah tidak bisa dibawa lari si manajer investasi, karena disimpan di bank kustodian.
“Kalau investasi langsung di saham, kendalanya si investor harus memiliki ilmu dan informasi yaang cukup untuk saham yang dipilih. Selain itu, kendalanya waktu dan nominal diversifikasi portofolio,” jelasnya.
Sumber

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saving Money Info - Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger