Mandiri mobile
Mandiri mobile adalah layanan mobile banking pada smartphone
(Blackberry, Android, dan iPhone) dengan tampilan menu yang menarik dan
mudah digunakan.
Dengan mandiri mobile Anda dapat melakukan transaksi
finansial (transfer, pembayaran, pembelian, dll), transaksi non
finansial (cek saldo, cek histori transaksi, dll), informasi lokasi
cabang/ATM, informasi kurs dan fitur-fitur menarik lainnya
Untuk
menggunakan layanan ini, Anda perlu mengaktifkan layanan mandiri sms
kemudian mengunduh aplikasi mandiri mobile. Anda dapat mengunduh
aplikasi ini di Blackberry App World, App Store, dan Google Play. Bagi
pengguna smartphone Blackberry dan Android, aplikasi mandiri mobile juga
dapat diunduh dengan cara mengetik reg mobile lalu kirim ke 3355.
Selanjutnya meng-klik link yang terdapat pada sms balasan dari 3355.
Ketentuan layanan mandiri mobile :
* mandiri mobile dapat diunduh oleh Nasabah/non Nasabah.
* Nasabah/non Nasabah yang akan melakukan transaksi harus memiliki
rekening perorangan mandiri tabungan atau mandiri tabungan bisnis atau
mandiri giro dan terdaftar sebagai pengguna layanan mandiri sms.
* Untuk memperoleh layanan, Nasabah harus mengunduh aplikasi mandiri
mobile melalui registrasi SMS, situs resmi Bank Mandiri ataupun layanan
unduh aplikasi resmi mitra Bank Mandiri seperti App Store, Blackberry
App World, dan Google Play.
* Aplikasi mandiri mobile hanya dapat
berfungsi pada satu kartu SIM (nomor telepon selular) yang telah
terdaftar dan satu handset/alat telepon selular/komputer tablet (tidak
termasuk iPad) yang telah digunakan untuk mengunduh aplikasi.
* Biaya.
Biaya akses layanan mandiri mobile adalah biaya data (3G/GPRS/WIFI)
yang ditetapkan oleh masing-masing penyedia jasa telekomunikasi serta
fee transaksi yang dikenakan oleh penyedia jasa layanan.
Pada
tipe handset iPhone terdapat Biaya SMS pada permintaan OTP (one time
password) sebesar Rp. 500,- per sms yang diterima. SMS OTP adalah 6
digit angka yang unik yang berlaku hanya untuk 1 (satu) kali transaksi.
*
Limit Transaksi harian maksimal Rp. 20.000.000,-
*
Untuk penonaktifan layanan dapat dilakukan sementara (dengan cara
menghapus aplikasi mandiri mobile) atau permanen (dengan cara
menonaktifkan user mandiri sms).
Informasi Menu & Transaksi
1. Menu Transaksi Transfer antar Rekening Bank Mandiri
2. Menu Transaksi Transfer antar Bank - SKN
3. Menu Transaksi Transfer antar Bank - Online
4. Menu Transaksi Pembelian Isi Ulang Pulsa
5. Menu Transaksi Pembayaran Tagihan
6. Menu Favoritku
7. Menu Lokasi ATM & Cabang
8. Menu Informasi Kurs dan Suku Bunga
9. Menu Kotak Pesan
Registrasi Mandiri Mobile
Layanan mandiri mobile dapat didownload melalui :
* Ketik perintah Reg(spasi)Mobile dan dikirim ke 3355 (untuk jenis handphone Blackberry dan Android).
* Layanan unduh aplikasi melalui mitra resmi Bank Mandiri, seperti App Store, Google Play dan Blackberry App World.
* Bagi pengguna smartphone Blackberry dan Android :
o Untuk nasabah bukan pengguna mandiri sms hanya dapat menggunakan layanan “Non Full Version”.
o Untuk nasabah pengguna mandiri sms dengan tipe handset Blackberry dan
Android akan mendapatkan layanan full version dengan memilih tombol
“Download Full Version” pada tampilan di layar.
* Untuk
nasabah pengguna mandiri sms yang mengunduh dengan cara mengirimkan
perintah ke 3355, dapat melakukan aktivasi dengan cara klik tombol
“aktivasi / activate” pada tampilan di layar.
Download
Syarat dan Ketentuan Mandiri Mobile
Definisi
1. mandiri mobile adalah layanan e-banking untuk melakukan transaksi finansial dan non-finansial dengan tampilan menu yang lebih jelas dimana aplikasi harus diunduh terlebih dahulu menggunakan handset telepon selular/komputer tablet serta teknologi 3G/GPRS/WIFI.
2. Bank adalah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk yang berkedudukan dan berkantor pusat di Jakarta.
3. Teknologi 3G/GPRS/WIFI adalah teknologi pengiriman dan penerimaan paket data yang disediakan penyedia layanan jaringan/telekomunikasi bidang selular.
4. Nasabah adalah perorangan / badan pemilik rekening mandiri giro, mandiri tabungan, dan mandiri tabungan bisnis.
5. Password adalah identitas atau kode rahasia yang dimiliki dan digunakan Nasabah untuk login ke aplikasi mandiri mobile.
6. PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi yang digunakan saat melakukan otorisasi transaksi finansial di mandiri mobile.
7. Layanan notifikasi SMS adalah pemberitahuan oleh Bank melalui SMS ke telepon selular Nasabah mandiri sms terhadap layanan tertentu yang disediakan oleh Bank.
8. Inbox adalah fitur dari mandiri mobile yang secara otomatis menyimpan bukti transaksi mandiri mobile yang dapat diakses melalui menu administrasi.
Syarat Pendaftaran Mandiri Mobile
1. Telah memiliki rekening mandiri giro, mandiri tabungan dan mandiri tabungan bisnis.
2. Telah terdaftar sebagai pengguna layanan mandiri sms.
3. Layanan aplikasi mandiri mobile dapat diunduh melalui mekanisme berikut:
* Registrasi dengan perintah sms ketik “Reg Mobile” ke 3355 (`untuk handphone jenis Blackberry dan Android).
* Situs www.bankmandiri.co.id.
* Layanan unduh yang tersedia pada aplikasi mitra Bank, antara lain layanan aplikasi yang disediakan produsen telepon selular atau penyedia jasa jaringan komunikasi berbayar sepert Blackberry AppWorld, AppStore, Android Market.
4. Telah membaca dan memenuhi Syarat dan Ketentuan mandiri mobile.
Ketentuan Penggunaan Mandiri Mobile
1. Nasabah dapat menggunakan layanan mandiri mobile untuk memperoleh informasi dan atau melakukan transaksi perbankan yang telah ditentukan.
2. Layanan mandiri mobile dapat diaktifkan setelah Nasabah menginput password login pada saat pertama kali membuka layanan mandiri mobile.
3. Layanan mandiri mobile hanya dapat digunakan pada 1 nomor telepon selular (MSISDN) yang terdaftar pada layanan mandiri sms dan 1 nomor seri perangkat telepon selular (IMEI) untuk mengunduh aplikasi mandiri mobile.
4. Apabila dalam jangka waktu tertentu nasabah tidak melakukan aktivitas dalam menu mandiri mobile, maka aplikasi akan logout secara otomatis dan kembali ke menu login.
5. Pada saat pelaksanaan transaksi Nasabah wajib :
* Memastikan kelengkapan dan kebenaran data transaksi yang dicantumkan. Segala konsekuensi yang timbul dari kelalaian, ketidaklengkapan dan atau kekeliruan Nasabah menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya.
* Memasukkan PIN mandiri sms pada setiap transaksi. Setiap instruksi yang telah diberikan Nasabah melalui layanan mandiri mobile tidak dapat dibatalkan.
6. Setiap perintah yang telah diberikan Nasabah menurut Syarat & Ketentuan layanan ini merupakan bukti yang sah, kecuali dapat dibuktikan sebaliknya dan Bank tidak berkewajiban untuk meneliti keabsahan dimaksud.
7. Bank berhak untuk tidak melaksanakan perintah Nasabah, apabila :
* Saldo di rekening Nasabah tidak mencukupi.
* Terdapat indikasi adanya tindak pidana.
8. Segala konsekuensi yang timbul sebagai akibat penyalahgunaan mandiri mobile merupakan tanggungjawab Nasabah sepenuhnya dan Nasabah dengan ini membebaskan Bank dari segala tuntutan yang mungkin timbul dalam bentuk apapun dan dari pihak manapun.
9. Sebagai bukti pelaksanaan transaksi, Nasabah akan mendapatkan bukti nomor transaksi pada setiap akhir transaksi melalui SMS, sepanjang kotak pesan ponsel Nasabah masih memungkinkan atau tidak ada gangguan jaringan komunikasi. Bukti transaksi juga akan terkirim secara otomatis pada menu Inbox pada layanan mandiri mobile.
10. Atas pertimbangannya sendiri, Bank berhak untuk mengubah limit transaksi. Perubahan tersebut mengikat Nasabah cukup dengan pemberitahuan menurut ketentuan yang berlaku.
11. Biaya layanan mandiri mobile terdiri atas biaya internet yang ditetapkan oleh penyedia layanan jaringan/telekomunikasi bergerak selular untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh Nasabah, termasuk apabila transaksi tersebut tidak berhasil dilaksanakan oleh Bank serta fee transaksi yang dikenakan oleh penyedia jasa layanan.
Password Mandiri Mobile
1. Nasabah wajib mengamankan Password yang dimilikinya. Dalam kaitan tersebut Nasabah tidak diperkenankan untuk :
* Memberitahukan Password kepada orang lain
* Menyimpan Password dalam memori telepon selular atau sarana penyimpanan lain yang memungkinkan diketahui orang lain; Nasabah diwajibkan pula untuk mengganti Password secara berkala.
2. Segala konsekuensi yang timbul sebagai akibat penyalahgunaan Password tersebut merupakan tanggung jawab Nasabah sepenuhnya dan Nasabah dengan ini membebaskan Bank dari segala tuntutan yang mungkin timbul dalam bentuk apapun dan dari pihak manapun.
3. Apabila Nasabah salah memasukkan Password sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut, maka secara otomatis aplikasi akan terblokir. Untuk mengaktifkan kembali aplikasi tersebut, Nasabah wajib melakukan aktivasi ulang aplikasi mandiri mobile.
PIN mandiri sms
Penggunaan PIN mandiri sms mengikuti Syarat dan Ketentuan mandiri sms.
Penghentian Akses Layanan mandiri mobile
Layanan mandiri mobile akan diberhentikan oleh Bank apabila :
1.
Terdapat permintaan tertulis dari Nasabah.
2.
Terjadi penggantian nomor telepon selular yang digunakan Nasabah dan hal tersebut telah diberitahukan kepada Bank.
3.
Nasabah menutup semua rekening yang dapat diakses melalui Layanan mandiri mobile.
4.
Diharuskan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku dan atau putusan pengadilan.
Untuk mengaktifkan kembali Layanan tersebut, Nasabah harus menghubungi mandiri call 14000 atau melakukan pendaftaran ulang di cabang terdekat serta mengunduh ulang aplikasi mandiri mobile.
Lain-lain
* Bukti transaksi dapat dicetak dalam Rekening Koran atau buku mandiri tabungan.
* Untuk permasalahan yang berkaitan dengan nomor ponsel, jaringan GPRS/3G, tagihan Penggunaan GPRS/3G, biaya SMS, dan value added service GPRS/3G Nasabah langsung menghubungi operator penyedia layanan jaringan/telekomunikasi bergerak selular GPRS/3G yang bersangkutan. Sedangkan untuk permasalahan layanan, Nasabah dapat menghubungi mandiri call 14000.
* Bank dapat mengubah Syarat dan Ketentuan ini sesuai kebutuhan. Perubahan tersebut akan mengikat Nasabah cukup dengan pemberitahuan menurut ketentuan yang berlaku di Bank.
* Nasabah tunduk kepada ketentuan-ketentuan yang berlaku pada Bank termasuk tetapi tidak terbatas pada Syarat Umum Pembukaan Rekening, Syarat Khusus Pembukaan Rekening Giro, Syarat Khusus Pembukaan Rekening Tabungan atau Syarat Khusus Pembukaan Rekening Mandiri Tabungan Bisnis.
* Kuasa-kuasa baik yang diberikan terkait dengan layanan ini merupakan surat kuasa yang sah yang tidak akan berakhir selama Nasabah masih memanfaatkan layanan mandiri mobile atau masih terdapat kewajiban lain dari Nasabah kepada bank.
* Nasabah akan membebaskan Bank dari segala tuntutan apapun, dalam hal Bank tidak dapat melaksanakan perintah dari Nasabah baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan Bank seperti gangguan virus komputer, web browser, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi atau kebijakan pemerintah, serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan Bank.
FAQ Mandiri Mobile
- Memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi karena menu lebih jelas, lebih mudah digunakan dan tampilan yang lebih menarik.
- Dapat digunakan nasabah dimana saja dan kapan saja karena diakses lewat telepon selular atau komputer tablet.
- Hemat dan singkat, karena terdapat menu transaksi Favoritku yang dapat menyimpan data transaksi nasabah sehingga alur transaksi menjadi lebih singkat.
- Personalized, karena setiap nasabah dapat memilih dengan tampilan foto pribadi di menu utama.
- Aman, karena setiap masuk ke dalam aplikasi harus memasukkan password atau identitas rahasia.
- Proses pendaftaran yang mudah dengan berbagai mekanisme pengunduhan aplikasi.
- Nasabah dapat melakukan pendaftaran untuk mengunduh layanan mandiri mobile melalui:
- SMS ke nomor 3355 dengan perintah ketik Reg Mobile
- Situs Bank Mandiri www.bankmandiri.co.id
- Layanan unduh aplikasi resmi mitra Bank Mandiri, seperti Blackberry App World, App Store, Android Market
- Selanjutnya apabila aplikasi sudah selesai diunduh, maka nasabah wajib membuat password atau identitas rahasia yang akan digunakan setiap kali login ke dalam aplikasi.
- Untuk dapat melakukan transaksi keuangan, maka nasabah wajib terdaftar sebagai user aktif mandiri sms karena otorisasi transaksi mandiri mobile menggunakan PIN mandiri sms.
- Untuk pengguna iPhone, disamping menggunakan PIN mandiri sms juga ditambahkan dengan SMS OTP (one time password). SMS OTP adalah 6 digit angka yang unik yang berlaku hanya untuk 1 (satu) kali transaksi. OTP akan dikirim ke inbox, untuk memunculkan OTP berupa pop-up message, nasabah bisa masuk ke menu setting notification pada iPhone.
Blackberry | |||
---|---|---|---|
Device OS 4.6
|
Device OS 5
|
Device OS 6
|
Device OS 7
|
Curve 8520 (1n)
|
Curve 8520 (1n)
|
Curve 9300 (1)
|
-
|
Bold 9000 (2n)
|
Bold 9700 (2n) Curve 8900 (2n)
|
Bold 9700 (2) Bold 9780 (2)
|
Curve 9360 (2n)
|
-
|
-
|
Torch 9800 (3)
|
Curve 9380 (3n)
|
-
|
-
|
-
|
Bold 9900 (4n)
|
-
|
-
|
-
|
Torch 9810 (5n)
|
-
|
-
|
-
|
Torch 9860 (6n)
|
-
|
-
|
-
|
Bold 9790 (7n)
|
- iOS 4 dan iOS 5
- minimum OS versi 2.1
- OS Ice Cream Sandwich masih dalam pengembangan
- Semua nasabah Bank Mandiri yang mempunyai rekening tabungan atau giro perorangan dan sudah terdaftar menjadi user mandiri sms.
- Semua non nasabah, namun sebatas menu umum mandiri mobile dan tidak bisa melakukan login ke menu transaksi. Jika belum menjadi nasabah Bank Mandiri, sangat dianjurkan untuk mendaftar menjadi nasabah sekaligus user aktif mandiri sms ke cabang terdekat sehingga bisa menggunakan layanan penuh mandiri mobile.
- Daftar lokasi ATM dan Cabang.
- Rate untuk Informasi nilai tukar dan suku bunga.
- Mandiri call 14000, akses untuk langsung menghubungi mandiri call 14000.
- Demo, untuk melihat contoh transaksi mandiri mobile.
- Setting, untuk mengubah password login, bahasa, pilihan koneksi, tampilan, dan ukuran font aplikasi.
- Fitur standar untuk akses rekening seperti transfer antar rekening, transfer antar bank, inquiry saldo, lihat 5 (lima) transaksi terakhir, dan penggantian PIN
- Pembayaran dan pembelian untuk :
- Tagihan telepon : Telkom, kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, XL/Xplor, Esia, FREN, dll
- Isi ulang pulsa : Simpati, Mentari, IM3 Smart, Esia, XL/Bebas, FREN, dll.
- Kartu Kredit : Bank Mandiri, Citibank, HSBC, Standard Chartered, RBS, ANZ, dll.
- Pembayaran Umum / Utilities lainnya : PLN, PAM, PBB, Pendidikan, Asuransi, Internet/TV Kabel, Kredit, Tiket Pesawat/Kereta Api, dll.
- Administrasi: perubahan PIN mandiri sms, perubahan daftar transfer, inbox.
- Transfer: transfer antar rekening dan transfer antar bank.
- Tagihan rutin: telepon, PLN, PAM, kartu kredit, tv kabel, internet, asuransi dan pembayaran rutin lainnya.
- Isi ulang pulsa.
Cara mengakses menu kotak pesan: masuk menu utama, kemudian pilih admin, kemudian pilih kotak pesan.
- Penghapusan untuk resi transaksi yang tersimpan melalui menu hapus atau menu hapus semua.
- Melakukan re-install layanan mandiri mobile yang baru sehingga resi transaksi yang sudah tersimpan akan terhapus.
- Apakah nasabah sudah memasukkan PIN mandiri sms yang benar untuk otorisasi transaksi?
- Apakah nasabah melakukan transaksi di atas limit transaksi harian mandiri sms?
- Apakah nasabah sudah melakukan input data transaksi yang sesuai.
Fitur
|
Limit (Rp) / hari
|
|
1
|
Transfer |
50.000.000
|
2
|
Pembayaran non kartu kredit |
20.000.000
|
3
|
Pembayaran kartu kredit |
|
|
50.000.000
20.000.000
|
|
4
|
Isi ulang pulsa |
1.000.000
|
Cara mengakses menu: masuk menu umum (layar untuk login), pilih menu setting, pilih menu ubah font.
Cara mengakses menu ubah bahasa: masuk menu umum (layar untuk login), pilih menu setting, pilih menu ubah bahasa.
- Menghapus aplikasi melalui menu setting atau aplikasi yang ada dimasing-masing telepon selular atau komputer tablet.
- Melaporkan kepada mandiri call 14000 untuk menonaktifkan aplikasi mandiri mobile sementara atau permanen melalui mekanisme penghapusan / pemblokiran layanan mandiri sms.
00.41
|
Label:
Mobile Banking
|
This entry was posted on 00.41
and is filed under
Mobile Banking
.
You can follow any responses to this entry through
the RSS 2.0 feed.
You can leave a response,
or trackback from your own site.
0 komentar:
Posting Komentar