Bagaimana Cara Memilih Kredit Mobil yang Paling Tepat untuk Anda

Di masa sekarang ini, punya mobil terkadang tidak lagi dirasakan sebagai suatu gengsi namun sebagai kebutuhan. Lalu bagaimana jika tabungan belum mencukupi pembayaran tunai? Ada banyak pilihan jasa kredit mobil yang ditawarkan, tapi pandai-pandailah memilih yang terbaik untuk Anda agar tidak pusing dikejar-kejar pembayaran nantinya.
Langkah-langkah memilih kredit mobil yang paling tepat:

1.     Tentukan Down Payment (DP) atau uang muka yang sanggup Anda bayarkan, dan cicilan per bulannya.
 Bank Indonesia (BI) mengeluarkan ketetapan uang muka untuk kredit kendaraan bermotor sejak Juni 2012, tapi jangan khawatir karena sudah banyak dealer baik mobil baru atau bekas yang memiliki program cicilan DP untuk jangka waktu tertentu. Ingatlah makin besar DP yang Anda bayarkan di awal, berarti beban Anda untuk mencicil berkurang. Jangan lupa minta diskon dari dealer, karena pembelian dengan skema kredit jika diakumulasikan pasti menjadi lebih mahal dibanding tunai; biasanya 1-3% diskon dari harga kendaraan bisa dicapai.
2.     Tentukan lembaga pembiayaan kredit mobil: institusi perbankan atau lembaga pembiayaan multifinance?
Jangan langsung menyetujui lembaga yang ditunjuk oleh dealer, cek dahulu berbagai alternatif yang ada untuk angsuran yang lebih ringan. Cek kredibilitas bank dan lembaga keuangan untuk menghindari penipuan atau masalah lainnya.
Menurut ketetapan BI, minimum DP untuk kredit mobil dari bank adalah 30% dan untuk perusahaan pembiayaan 25%. Namun tahukah Anda? Bahwa bank syariah dan lembaga pembiayaan syariah tidak perlu mengikuti ketetapan BI sejak Juni 2012 tersebut? Sehingga masih banyak bank syariah yang menawarkan DP sebesar 20% bahkan 15% dari harga kendaraan.
3.     Teliti saat pengajuan kredit.
Cek semua prosedur, tanya jawab untuk memastikan promosi sesuai dengan kenyataan, dan hak-hak Anda sebagai calon debitur. Pastikan Anda paham semua yang tertulis dalam perjanjian kredit. Lakukan perhitungan biaya kredit mobil secara keseluruhan, jangan terlanjur bersemangat melihat biaya rendah yang ditawarkan di muka, karena belum tentu total biaya kredit mobil secara keseluruhan juga rendah. Jangan langsung mundur jika ada proses penyaringan atau persyaratan yang panjang dari lembaga pembiayaan, terkadang yang prosesnya terkesan lebih susah justru memberi perlindungan lebih besar terhadap debitur juga terhadap lembaga itu sendiri.
4.     Survey harga mobil di berbagai dealer dan internet
Rajinlah menghampiri beberapa dealer mobil terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan, dan sebelum berangkat ke tempat dealer, ada baiknya jika Anda 'mengerjakan PR' terlebih dahulu di rumah yaitu dengan mencari tahu harga pasaran mobil idaman Anda tersebut. Dengan usaha lebih ini, Anda bisa saja berhemat hingga beberapa juta!
5.     Pilih suku bunga terbaik - bunga tetap/flat atau bunga efektif/floating
Jika Anda memilih bunga flat rate, tentunya akan lebih aman, sedangkan untuk bunga efektif (floating rate) Anda bisa mengalami untung/rugi seiring perubahan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yang ditentukan oleh BI.
6.     Asuransi
Terakhir, jangan lupa untuk mengeksplor jasa asuransi untuk melindungi diri Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagian besar bank/lembaga pembiayaan juga akan mengharuskan Anda untuk memiliki asuransi kendaraan untuk pembiayaan kredit, kalau saja ada kecelakaan mobil atau kendaraan Anda dicuri. Anda bisa memilih antara Total Loss Only (hanya mencakup perihal pencurian) atau All Risk (yang juga mencakup kecelakaan).
Itulah beberapa tips dari DompetPintar supaya Anda dapat membuat keputusan yang tepat akan pemilihan kredit mobil Anda.
Sumber

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saving Money Info - Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger