Mandiri SMS


Keuntungan & Jenis Transaksi

...apapun SIM Card Anda, nikmati pilihan cara bertransaksi
Ketik SMS atau Pilih MenuKini, transaksi perbankan semakin mudah. Mandiri SMS adalah layanan perbankan yang dapat Anda gunakan untuk bertransaksi perbankan melalui SMS di ponsel Anda.
Transaksi Perbankan, Kapan Saja
Dimana saja Berbagai Keuntungan Yang Anda Dapatkan
Mudah dan Fleksibel
Ketik SMS atau Pilih Menu Dengan mengetikkan kode transaksi yang dibutuhkan, jawaban akan diterima dalam bentuk SMS juga atau transaksi dapat dilakukan dengan SIM Microbrowser Mobile Banking memilih menu pada ponsel *).
Lebih Efisien
Biaya transaksi sebesar biaya SMS + Rp500. Untuk notifikasi SMS sebesar Rp500.
Memakai semua jenis SIM Card
Apapun jenis SIM Card yang Anda miliki, transaksi perbankan dapat Anda lakukan.
*) Transaksi dengan memilih menu ini dapat dinikmati oleh pengguna navigator Telkomsel. Life In Hand XL, Matrix dan Mentari Indosat
Jenis Transaksi
  1. Transfer dana
    • Transfer antar rekening Bank Mandiri
    • Transfer antar Bank
  2. Cek Saldo
    • Saldo rekening tabungan , rekening valas dan pinjaman.
  3. Informasi
    • Informasi tagihan Mandiri Visa
    • 5 transaksi terakhir rekening
    • Suku bunga Deposito, suku bunga Tabungan dan kurs valuta asing
  4. Pembayaran dan pembelian
    • Pembayaran tagihan Mandiri VISA, Telkom, Telkom Flexi, KartuHALO, Matrix, Xplor, Fren, Esia, StarONE, Garuda, Air Efata, Air Asia, Adam Air, Merpati Air, Riau Air, Travel Agent , PLN, PBB, Kompas, XL Kita, IndosatNET, CBN Internet, Kabel Vision, Indo Vision, Multiartha, AXA Mandiri, Bina Sarana Informatika, Perbanas Jakarta, Amikom Yogya
    • Pembelian voucher isi ulang simPATI, IM3 Smart, Mentari , XL bebas, Flexi Trendy, Fren dan Esia dan StarONE
  5. Notifikasi SMS
    • Pendebitan/pengkreditan di atas nilai tertentu
    • Penolakan cek/bilyet giro
    • Jatuh tempo rekening Deposito
    • Saldo rekening di bawah nilai tertentu.
  6. Perubahan PIN
    • Perubahan PIN

Registrasi Mandiri SMS

....apapun SIM Card Anda, nikmati pilihan cara bertransaksi
Ketik SMS atau Pilih MenuKini, transaksi perbankan semakin mudah. Mandiri SMS adalah layanan perbankan yang dapat Anda gunakan untuk bertransaksi perbankan melalui SMS di ponsel Anda.
Transaksi Perbankan, Kapan Saja, Dimana saja
Syarat Pendaftaran Layanan
  1. Memiliki rekening Tabungan, rekening Giro Rupiah dan atau Deposito Rupiah Mandiri serta telah memiliki Sim Card yang dapat mengakses sms banking Bank Mandiri.
  2. Untuk pendaftaran di ATM, harus memiliki kartu ATM Mandiri. Untuk pendaftaran di cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP,SIM,Paspor,KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (Buku Tabungan, kartu ATM Mandiri).
Cara Memperoleh Layanan
  1. Daftarkan nomor ponsel Anda di ATM Mandiri atau ke cabang Bank Mandiri.
  2. Jika mendaftar di ATM Mandiri, masuk ke Menu Pendaftaran eBanking, pilih SMS Banking dan tekan Pendaftaran Mandiri SMS lalu ikuti langkah selanjutnya.
  3. Setelah pendaftaran sukses, layanan SMS Banking Anda siap digunakan.
Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi cabang Bank Mandiri Terdekat atau hubungi Call Mandiri 14000


Syarat dan Ketentuan

Istilah
  1. Mandiri SMS adalah saluran distribusi Bank untuk mengakses rekening yang dimiliki Nasabah melalui pesan SMS (Short Message Service) dengan sarana telepon selular (ponsel) GSM.
  2. Bank adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang meliputi Kantor Pusat dan kantor cabang serta kantor lainnya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari PT Bank Mandiri(Persero) Tbk.
  3. SMS adalah transmisi teks pendek yang dapat dikirim dan atau diterima melalui telepon selular serta dapat dilihat melalui layar ponsel.
  4. Operator GSM adalah penyedia layanan jaringan/telekomunikasi bergerak selular (Global System for Mobile Communication/GSM).
  5. Nasabah adalah perorangan pemilik rekening Giro Rupiah, Mandiri Tabungan, dan atau Mandiri Deposito.
  6. nasabah pengguna adalah Nasabah yang telah terdaftar sebagai Pengguna layanan Mandiri SMS.
  7. Daftar Rekening Sendiri adalah semua nomor rekening Mandiri Tabungan dan atau Giro Rupiah di Bank yang dimiliki oleh Nasabah sendiri yang didaftarkan sebagai rekening sumber pendebitan maupun tujuan pengkreditan dalam layanan Mandiri SMS.
  8. Daftar Rekening Tujuan adalah nomor rekening Mandiri Tabungan dan atau Giro Rupiah yang dimiliki oleh pihak ke tiga di Bank yang didaftarkan sebagai rekening tujuan pengkreditan dalam layanan Mandiri SMS.
  9. PIN (Personal Identification Number) Mandiri SMS adalah nomor identifikasi pribadi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh nasabah pengguna serta harus dicantumkan/diinput oleh nasabah pengguna layanan SMS Banking di ponsel pada saat menggunakan layanan Mandiri SMS.
  10. Layanan notifikasi SMS adalah layanan pemberitahuan oleh Bank melalui SMS ke ponsel nasabah pengguna Mandiri SMS terhadap layanan tertentu yang disediakan oleh Bank.
Syarat Pendaftaran Mandiri SMS
  1. Nasabah mengisi dan menandatangani Formulir Aplikasi Internet Banking dan SMS Banking yang dapat diperoleh di cabang atau di situs Internet Bank Mandiri (www.bankmandiri.co.id).
  2. Menunjukkan bukti asli identitas diri yang sah (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan pemegang rekening.
  3. Setiap perorangan pemegang rekening gabungan masing-masing harus menandatangani Formulir Aplikasi Internet Banking dan SMS Banking.
  4. Nasabah harus memiliki SIM Card dari Operator yang ditentukan oleh Bank untuk pengiriman PIN Mandiri SMS.
  5. Apabila Nasabah telah memenuhi syarat maka sebagai tanda persetujuannya, Bank akan memberikan PIN Mandiri SMS yang dikirim langsung ke ponsel nasabah pengguna.
  6. Telah membaca dan memenuhi Syarat dan Ketentuan Mandiri SMS.
  7. Nasabah dapat juga melakukan pendaftaran Mandiri SMS melalui ATM Mandiri dengan menggunakan Kartu Mandiri.
Ketentuan Penggunaan Mandiri SMS
  1. nasabah pengguna dapat menggunakan layanan Mandiri SMS untuk mendapatkan informasi dan atau melakukan transaksi perbankan yang telah ditentukan oleh Bank.
  2. nasabah pengguna mendapatkan aktivasi layanan Mandiri SMS setelah mendapatkan PIN Mandiri SMS yang dikirim oleh Bank kepada ponsel nasabah pengguna yang telah terdaftar.
  3. Untuk setiap pelaksanaan transaksi:
    • Hanya dapat dilakukan terhadap rekening yang terdapat dalam Daftar Rekening Sendiri dan atau Daftar Rekening Tujuan yang telah terdaftar pada Bank.
    • nasabah pengguna wajib memastikan ketepatan dan kelengkapan perintah transaksi (termasuk memastikan bahwa semua data yang diperlukan untuk transaksi telah diisi secara lengkap dan benar) sesuai format perintah SMS yang telah ditentukan oleh Bank. Bank tidak bertanggung jawab terhadap segala dampak apapun yang mungkin timbul yang diakibatkan kelalaian, ketidaktepatan dan atau ketidaklengkapan perintah/data dari nasabah pengguna.
    • Apabila telah diyakini kebenaran dan kelengkapan data yang diisi, sebagai tanda persetujuan pelaksanaan transaksi maka nasabah pengguna wajib memasukkan PIN SMS Banking pada setiap akhir format SMS.
  4. Segala transaksi yang telah diperintahkan kepada Bank dan disetujui oleh nasabah pengguna tidak dapat dibatalkan.
  5. Setiap perintah yang telah disetujui dari nasabah pengguna yang tersimpan pada pusat data Bank merupakan data yang benar yang diterima sebagai bukti perintah dari nasabah pengguna kepada Bank untuk melaksanakan transaksi yang dimaksud, kecuali nasabah pengguna dapat membuktikan sebaliknya.
  6. nasabah pengguna diwajibkan memberitahukan Bank dengan segera jika menerima data atau informasi yang tidak lengkap atau tidak tepat secara tertulis melalui cabang.
  7. Bank menerima dan menjalankan setiap perintah dari nasabah pengguna sebagai perintah yang sah berdasarkan penggunaan nomor ponsel dan PIN Mandiri SMS dan untuk itu Bank tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan atau kewenangan penggunaan ponsel dan PIN Mandiri SMS atau menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan perintah dimaksud, dan oleh karena itu perintah tersebut sah mengikat nasabah pengguna dengan sebagaimana mestinya, kecuali nasabah pengguna dapat membuktikan sebaliknya.
  8. Bank berhak untuk tidak melaksanakan perintah dari nasabah pengguna, apabila:
    1. Saldo rekening nasabah pengguna di Bank tidak cukup.
    2. Bank mengetahui atau mempunyai alasan untuk menduga bahwa penipuan atau aksi kejahatan telah atau akan dilakukan.
      • Sebagai bukti bahwa transaksi yang diperintahkan nasabah pengguna telah berhasil dilakukan oleh Bank, nasabah pengguna akan mendapatkan bukti transaksi berupa nomor transaksi pada setiap akhir transaksi melalui SMS sepanjang inbox ponsel nasabah pengguna tidak penuh dan atau tidak ada gangguan jaringan komunikasi dari Operator GSM.
      • nasabah pengguna menyetujui dan mengakui bahwa:
    3. Dengan dilaksanakannya transaksi melalui Mandiri SMS, semua perintah dan komunikasi dari nasabah nengguna yang diterima Bank akan diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis dan atau dikeluarkan dokumen yang tidak ditandatangani.
    4. Bukti atas perintah dari nasabah pengguna kepada Bank dan segala bentuk komunikasi antara Bank dan nasabah pengguna yang dikirim secara elektronik yang tersimpan pada pusat data Bank dan atau tersimpan dalam bentuk penyimpanan informasi dan data lainnya di Bank, baik yang berupa dokumen tertulis, catatan, tape/cartridge, print out komputer dan atau salinan, merupakan alat bukti yang sah yang tidak akan dibantah keabsahan, kebenaran atau keasliannya.
      • Atas pertimbangannya sendiri, Bank berhak untuk mengubah limit transaksi.
      • Operator akan mengenakan biaya SMS untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah pengguna termasuk apabila transaksi tersebut tidak berhasil dilaksanakan oleh Bank.
PIN Mandiri SMS
  1. PIN Mandiri SMS merupakan kode yang bersifat rahasia yang kewenangan penggunaannya ada pada nasabah pengguna.
  2. Nasabah wajib mengamankan PIN Mandiri SMS dengan cara:
    1. Menghapus send items SMS yang telah terkirim ke Bank, khususnya pesan SMS dimana tertera PIN Mandiri SMS.
    2. Tidak memberitahukan PIN Mandiri SMS kepada orang lain.
    3. Tidak mencatatkan PIN Mandiri SMS pada memori ponsel atau menyimpannya secara tertulis atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan diketahui orang lain.
    4. Berhati-hati menggunakan PIN Mandiri SMS agar tidak terlihat orang lain.
    5. Sering mengganti PIN Mandiri SMS secara berkala.
  3. Segala penyalahgunaan PIN Mandiri SMS merupakan tanggung jawab nasabah pengguna. nasabah pengguna dengan ini membebaskan Bank dari segala tuntutan yang mungkin timbul, baik pihak lain maupun nasabah pengguna sendiri sebagai akibat penyalahgunaan ponsel dan PIN Mandiri SMS.
  4. Penggunaan PIN Mandiri SMS mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh nasabah pengguna, sehingga karenanya nasabah pengguna dengan ini menyatakan bahwa penggunaan PIN Mandiri SMS dalam setiap perintah atas transaksi Mandiri SMS juga merupakan pemberian kuasa dari nasabah pengguna kepada Bank untuk melaksanakan transaksi termasuk namun tidak terbatas untuk melakukan pendebetan rekening Nasabah baik dalam rangka pelaksanaan transaksi yang diperintahkan maupun untuk pembayaran biaya transaksi yang telah dan atau akan ditetapkan kemudian oleh Bank
  5. Apabila SIM Card nasabah pengguna hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain, nasabah pengguna wajib memberitahukan kepada Bank secara tertulis melalui Cabang Pengelola Rekening atau telepon ke Call Centre Bank Mandiri. Sebelum diterimanya pemberitahuan oleh pejabat Bank yang berwenang, maka segala perintah, transaksi dan komunikasi berdasarkan penggunaan PIN Mandiri SMS oleh pihak yang tidak berwenang menjadi tanggung jawab nasabah pengguna.
Penghentian Akses Layanan Mandiri SMS
  1. Akses layanan Mandiri SMS akan diberhentikan oleh Bank apabila:
    1. nasabah pengguna meminta kepada Bank untuk menghentikan akses layanan Mandiri SMS sementara waktu atau secara permanen yang antara lain disebabkan oleh:
      1. Nomor ponsel GSM diganti/hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain dan hal tersebut telah diberitahukan kepada Bank.
      2. nasabah pengguna menutup semua rekening yang dapat diakses melalui layanan Mandiri SMS.
    2. Salah memasukkan PIN Mandiri SMS sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut.
    3. Bank melaksanakan suatu keharusan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Untuk melakukan aktivasi kembali karena penghentian akses layanan tersebut di atas, nasabah pengguna harus menghubungi Call Centre Bank Mandiri atau melakukan pendaftaran ulang di cabang pengelola rekening.
Force Majeure
nasabah pengguna akan membebaskan Bank dari segala tuntutan apapun, dalam hal Bank tidak dapat melaksanakan perintah dari nasabah pengguna baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan Bank termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan Bank.
Lain-lain
  1. Bukti perintah nasabah pengguna melalui layanan Mandiri SMS adalah mutasi yang tercatat dalam Rekening Koran atau Buku Mandiri Tabungan jika dicetak.
  2. Untuk masalah yang berkaitan dengan nomor ponsel, jaringan, tagihan Penggunaan, biaya SMS, dan value added service di luar perjanjian nasabah pengguna dengan Bank, nasabah pengguna langsung menghubungi operator yang bersangkutan.
  3. nasabah pengguna dapat menghubungi Call Centre Bank Mandiri atas setiap permasalahan yang berkaitan dengan transaksi dan perubahan akses layanan Mandiri SMS.
  4. Bank dapat mengubah syarat dan ketentuan ini setiap saat dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada nasabah pengguna dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
  5. nasabah pengguna tunduk pada ketentuan-ketentuan dan peraturan-peraturan yang berlaku pada Bank serta syarat-syarat pembukaan rekening dan syarat rekening gabungan, termasuk setiap perubahan yang akan diberitahukan terlebih dahulu oleh Bank dalam bentuk dan sarana apapun.
Kuasa-kuasa baik yang tersurat maupun tersirat dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan kuasa yang sah yang tidak akan berakhir selama nasabah pengguna masih memperoleh layanan Mandiri SMS atau masih adanya kewajiban lain dari nasabah pengguna kepada Bank.


FAQ Mandiri SMS
Layanan Mandiri SMS
Apa itu layanan Mandiri SMS ?
Mandiri SMS adalah layanan perbankan elektronik untuk mengakses rekening nasabah dengan menggunakan sarana ponsel/HP.
Apa saja syarat untuk memperoleh layanan Mandiri SMS ?
Syarat-syaratnya adalah :
  • Nasabah Bank Mandiri pemilik rekening (perorangan) giro atau tabungan
  • Pelanggan operator GSM : Telkomsel, Indosat dan XL. Pelanggan operator CDMA: Flexi, Fren, dan Esia
  • Memiliki handphone GSM/CDMA
  • Menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan layanan Mandiri SMS yang ada pada form aplikasi Mandiri SMS
Bagaimana cara memperoleh layanan Mandiri SMS ?
Melakukan pendaftaran mandiri sms di Cabang Bank Mandiri atau di mandiri atm.
Apa saja fitur layanan Mandiri SMS ?
Lihat tabel fitur Layanan 24 Jam Bank Mandiri.
Bagaimana cara nasabah bertransaksi dengan Mandiri SMS ?
Ada 2 cara bertransaksi Mandiri SMS yaitu dengan KETIK SMS atau PILIH MENU.
KETIK SMS adalah cara bertransaksi dimana nasabah harus mengetikkan format perintah Mandiri SMS pada menu SMS di ponselnya kemudian mengirim SMS tsb ke nomor 3355. Cara transaksi ini dapat digunakan untuk nomor telepon GSM maupun CDMA.
PILIH MENU adalah cara bertransaksi dimana nasabah cukup memilih menu Mandiri SMS pada ponselnya. Pilih Menu hanya dapat digunakan untuk nomor telepon GSM.
Pendaftaran Mandiri SMS
Apa yang harus dilakukan oleh nasabah pada saat pendaftaran awal Mandiri SMS ?
Pendaftaran di ATM :
  • Dengan menggunakan Kartu ATM Mandiri nasabah datang ke Mandiri ATM
  • Masukkan Kartu ATM disertai dengan 4 digit PIN Kartu ATM
  • Tekan menu Registrasi e-Banking, Pendaftaran Awal, Masukkan no Handphone dan ikuti langkah selanjutnya
Pendaftaran di Cabang :
  • Mengisi Formulir Aplikasi Mandiri SMS dan menandatanganinya
  • Menunjukkan bukti diri (KTP/SIM/Paspor), Buku Tabungan atau Kartu ATM
Berapa lama proses pendaftaran dan aktivasi layanan Mandiri SMS ?
Pendaftaran di ATM :
  • Dengan menggunakan Kartu ATM Mandiri nasabah datang ke Mandiri ATM
  • Masukkan Kartu ATM disertai dengan 4 digit PIN Kartu ATM
  • Tekan menu Registrasi e-Banking, Pendaftaran Awal, Masukkan no Handphone dan ikuti langkah selanjutnya.
Pendaftaran di Cabang :
  • Mengisi Formulir Aplikasi Mandiri SMS dan menandatanganinya
  • Menunjukkan bukti diri (KTP/SIM/Paspor), Buku Tabungan atau Kartu ATM
Berapa lama proses pendaftaran dan aktivasi layanan Mandiri SMS ?
Pendaftaran di ATM :
  • Layanan Mandiri SMS langsung AKTIF saat itu juga. Nasabah sudah dapat melakukan transaksi bersifat non finansial seperti cek saldo
  • Untuk dapat melakukan transaksi finansial, nasabah perlu datang ke cabang untuk aktivasi finansial di Customer Service
Pendaftaran di Cabang :
  • Layanan akan AKTIF setelah nasabah menerima SMS dari 3355 berisi info PIN Mandiri SMS. Nasabah harus melakukan perubahan PIN Mandiri SMS agar bisa bertransaksi.  Cara ubah PIN:
Ketik : PIN lama (spasi) PIN baru (spasi) PIN baru  kirim ke 3355                                  
Contoh :  PIN lama: 111111  PIN baru : 123456
Maka perintah transaksi sebagai berikut :
111111 123456 123456 kirim ke 3355  
Dapatkah 2 nomor HP didaftarkan untuk 1 rekening yang sama ?
Tidak dapat. Prinsipnya 1 rekening sendiri milik nasabah hanya dapat didaftarkan untuk 1 nomor HP.
Haruskah nasabah mendaftar ulang Mandiri SMS jika sim card diganti ?
Bila no telepon/HP sama dengan nomor sebelumnya, nasabah tidak perlu mendaftar ulang. Namun bila no telepon/HP berbeda, nasabah harus menutup layanan Mandiri SMSnya terlebih dahulu melalui Mandiri Call 14000 dan selanjutnya mendaftar ulang di ATM/Cabang.
Haruskah nasabah mendaftar ulang Mandiri SMS jika sim card diganti ?
Bila no telepon/HP sama dengan nomor sebelumnya, nasabah tidak perlu mendaftar ulang. Namun bila no telepon/HP berbeda, nasabah harus menutup layanan Mandiri SMSnya terlebih dahulu melalui Mandiri Call 14000 dan selanjutnya mendaftar ulang di ATM/Cabang.
Biaya Layanan
Apa saja biaya yang dibebankan oleh Bank Mandiri kepada nasabah pengguna Mandiri SMS?
Biaya pendaftaran, administrasi bulanan dan biaya transaksi* GRATIS
(*biaya transaksi tergantung jenis transaksi, pada transaksi tertentu ada biaya, misal bayar PLN Rp 3500 per transaksi)
Berapa biaya SMS yang dibebankan oleh operator telepon kepada pengguna Mandiri SMS ?  
  1. Untuk transaksi dengan cara ketik SMS :
  2. SMS dikirim : biaya sesuai kebijakan operator masing-masing
    SMS diterima : Rp 500,-
  3. Untuk transaksi dengan cara Pilih Menu :
    • Telkomsel : kirim sesuai kebijakan operator ; terima untuk kartu Halo Rp500, kartu AS Rp550, Simpati Rp550
    • XL dan Indosat : Rp500 (transaksi informasi) ; Rp1000 (transaksi transfer/pembelian/pembayaran)
Biaya tersebut akan mengurangi pulsa pelanggan (pra bayar) atau akan dibebankan ke tagihan bulanan (pasca bayar).
Limit Transaksi
Berapa limit transaksi Mandiri SMS ?
Limit transaksi  Mandiri SMS dan mandiri mobile sebagai berikut :

Fitur
Limit (Rp) / hari
1
Transfer
50.000.000
2
Pembayaran non kartu kredit
20.000.000
3
Pembayaran kartu kredit
  • KK Bank Mandiri
  • KK Bank Lain
50.000.000
20.000.000
4
Isi ulang pulsa
1.000.000

 

PIN dan Sistem Keamanan
Apa saja sistem pengamanan transaksi Mandiri SMS ?
Mandiri SMS memiliki sistem pengamanan berlapis antara lain :
  • No HP sebagai ID nasabah
  • SMS diacak/enkripsi (PILIH MENU) & PIN acak (Ketik SMS)
  • Transaksi diverifikasi dengan PIN
  • PIN dapat diubah kapan saja
  • Limit transaksi per hari
  • Pendaftaran via Mandiri ATM hanya dapat melakukan transaksi non finansial
  • Untuk melindungi nasabah dari penipuan menggunakan sarana hipnotis yang marak belakangan ini, pendaftaran Mandiri SMS di ATM hanya bisa melakukan transaksi non finansial saja.
 
Bagaimana cara memperoleh PIN Mandiri SMS ?
Pendaftaran di ATM :
6 digit PIN Mandiri SMS dibuat sendiri oleh nasabah di ATM saat pendaftaran. PIN bisa langsung digunakan bertransaksi setelah pendaftaran BERHASIL. PIN tidak perlu diganti saat transaksi pertama kali.
Pendaftaran di Cabang :
6 digit PIN Mandiri SMS akan dikirim oleh Bank Mandiri via SMS. PIN tersebut harus diganti oleh nasabah sebelum bertransaksi.
Apa yang menyebabkan PIN tidak dapat digunakan ?
Layanan Mandiri SMS diblokir oleh Bank karena PIN salah 3 kali berturut-turut saat digunakan atau atas permintaan nasabah layanan tersebut diblok atau ditutup.
Bagaimana cara mendapatkan PIN kembali jika terblokir atau lupa ?
Nasabah dapat langsung menghubungi Mandiri Call 24 jam di 14000 atau (021) 5299 7777 untuk unblock maupun permintaan pengiriman ulang PIN Mandiri SMS via SMS. Unblock atau pengiriman PIN dapat dilakukan pada hari yang sama.
Samakah PIN Mandiri SMS yang digunakan untuk KETIK SMS dan PILIH MENU ?
Sama.  Pada cara transaksi Ketik SMS yang diminta adalah 2 digit PIN Mandiri SMS dengan urutan acak.  Pada cara transaksi Pilih Menu PIN yang diminta adalah PIN lengkap 6 digit.
 
Keluhan Nasabah
Apa yang harus dilakukan nasabah jika telah mengirim SMS untuk transfer/pembayaran/isi ulang ternyata SMS konfirmasi tidak diterima ?
Nasabah diminta cek saldo/mutasi rekeningnya. Namun bila tidak berhasil, nasabah diminta telpon ke Mandiri Call untuk cek status transaksi dan Debet/Kredit transaksi. Bila transaksi berhasil, berarti SMS terlambat/belum dikirim oleh operator ke HP nasabah.
Apa saja penyebab SMS konfirmasi transaksi terlambat/tidak terkirim ke HP nasabah ?
Penyebabnya antara lain SMS-Center operator sibuk/antri, HP mati, pulsa HP habis, sinyal HP tidak ada
 
Berapa lama maksimum pulsa akan segera terisi, setelah transaksi isi ulang pulsa dinyatakan berhasil oleh Bank Mandiri ?
Paling lambat pulsa akan terisi 2 menit setelah transaksi berhasil. Bila lebih dari 2 menit pulsa belum terisi harap telepon ke Mandiri Call 14000 atau (021) 5299 7777 dengan menyebutkan no rek terdebet, nilai pulsa, nama operator, no voucher, jam transaksi, dan nomor referensi transaksi. Tindak lanjut yang akan dilakukan oleh Bank Mandiri antara lain adalah meminta operator untuk melakukan isi ulang manual.
 
PILIH MENU vs KETIK SMS
Bila nasabah sebelumnya telah terdaftar sebagai pengguna Mandiri SMS dengan KETIK SMS, apakah perlu daftar ulang untuk menggunakan PILIH MENU?
Tidak perlu. Nasabah cukup menggunakan menu yang telah tersedia pada SIM Card nasabah.
 
Apa yang perlu dilakukan bila menu tersebut belum tersedia di SIM Card nasabah?
Apabila menu belum tersedia nasabah perlu mengunduh terlebih dahulu. Khusus untuk Telkomsel pada saat ini hanya bisa menggunakan Kartu Halo dan apabila belum tersedia pada SIM Card maka nasabah harus mengganti SIM Card ke Grapari Telkomsel.
 
Apa yang harus dilakukan nasabah jika download menu M-B_Mandiri pada menu SIMcard Indosat (satelindo@ccess) dan XL (Layanan Data/Life In Hand) tidak berhasil dilakukan ?
Nasabah disarankan untuk menghapus menu lainnya selain menu mBanking untuk mengurangi memory pada sim card. Kemudian download ulang menu M-B_Mandiri. Jika masih gagal agar menghubungi Call Centre masing-masing operator yaitu :
  • Indosat : Layanan Pelanggan Indosat di (021) 5438 8888 atau 222 via HP
  • XL : Layanan Pelanggan XL di (021) 5795 9818 atau 818 via HP
Sumber

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saving Money Info - Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger