Mandiri ATM




1. Fitur dan Menu Layanan

Mandiri ATM Siap Melayani Nasabah di Seluruh Pelosok Negeri

Mandiri ATM, Semakin dekat…
Anda dapat melakukan aktivitas perbankan melalui lebih dari 10.360 Mandiri ATM yang tersebar di lokasi-lokasi yang strategis di seluruh propinsi di Indonesia.
Mandiri ATM, Semakin mudah…
Berbagai jenis transaksi dapat dilakukan di Mandiri ATM, mulai dari pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, pembelian tiket, inquiry, transfer antar rekening, transfer antar bank online, cetak 5 transaksi terakhir, isi ulang mandiri prabayar, dll.
Mandiri ATM, 24x7…
Layanan Mandiri ATM dapat dimanfaatkan setiap saat, 24 jam sehari 7 hari seminggu
Mandiri ATM, Multi akses….
Selain menggunakan Kartu Mandiri Debit, Mandiri ATM juga melayani transaksi menggunakan   Kartu Bank Syariah Mandiri, Kartu berlogo LINK, ATM Bersama, Prima, Visa/Plus dan MasterCard/ Cirrus.
Mandiri ATM, didukung layanan Call Mandiri 14000
Untuk informasi lengkap atau apabila terdapat permasalahan dalam penggunaan Mandiri ATM, nasabah dapat menghubungi layanan Mandiri Call 14000

 

Fitur/Layanan Mandiri ATM

ATM Tunai
  1. Tarik Tunai, Informasi Saldo dan Transfer
    Penarikan Tunai, Informasi Saldo, Cetak 5 Transaksi Terakhir, Transfer Antar Rekening Mandiri dan Transfer Antar Bank
  2. Pembayaran / Payment
    Kartu Kredit Mandiri dan Bank Lain, Listrik dan Gas, TV Kabel/Internet, Pendidikan, PAM, Pajak, Angsuran, Pinjaman Bank, Asuransi, Tiket Pesawat dan Kereta Api, Zakat
  3. Pembayaran Tagihan Telepon/Handphone
    Telkom/Flexy/Vision, Kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, Xplor, FREN/Hepi/Mobi, Esia, 3 Postpaid, Smart Telecom, dan Starone.
  4. Isi Ulang Pulsa Handphone
    Simpati, Mentari, IM3, FREN/Hepi/Mobi, Esia, Flexi Trendy, XL/bebas , 3 Prabayar, Smart Telecom, Axis, Starone Prabayar, dan Kartu AS.
  5. Penggantian PIN, Registrasi dan Cetak Bukti Transaksi
    Penggantian PIN Kartu Mandiri Debit, Registrasi Mandiri SMS, Mandiri Internet Banking, Mandiri Call,  dan Cetak Bukti Transaksi SMS Banking.
  6. Kartu Mandiri Prabayar
    Informasi Saldo, Top Up Mandiri Prabayar, Histori Transaksi, dan Update Saldo
ATM Non Tunai dengan fitur favoritku
  1. Favoritku
    Dapat menyimpan data transaksi rutin Anda seperti transfer, pembayaran dan isi ulang handphone.
  2. Informasi Saldo dan Transfer
    Penarikan Tunai, Informasi Saldo, Cetak 5 Transaksi Terakhir, Transfer Antar Rekening Mandiri dan Transfer Antar Bank
  3. Pembayaran / Payment
    Kartu Kredit Mandiri dan Bank Lain, Listrik dan Gas, TV Kabel/Internet, Pendidikan, PAM, Pajak, Angsuran, Pinjaman Bank, Asuransi, Tiket Pesawat dan Kereta Api, Zakat
  4. Pembayaran Tagihan Telepon/Handphone
    Telkom/Flexy/Vision, Kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, Xplor, FREN/Hepi/Mobi, Esia, 3 Postpaid, Smart Telecom, dan Starone.
  5. Isi Ulang Pulsa Handphone
    Simpati, Mentari, IM3, FREN/Hepi/Mobi, Esia, Flexi Trendy, XL/bebas , 3 Prabayar, Smart Telecom, Axis, Starone Prabayar, dan Kartu AS.
  6. Penggantian PIN, Registrasi dan Cetak Bukti Transaksi
    Penggantian PIN Kartu Mandiri Debit, Registrasi Mandiri SMS, Mandiri Internet Banking, Mandiri Call,  dan Cetak Bukti Transaksi SMS Banking.
  7. Kartu Mandiri Prabayar
    Informasi Saldo, Top Up Mandiri Prabayar, Histori Transaksi, dan Update Saldo
ATM Setor Tunai (CDM)
  1. Setor Tunai
    Dapat menyimpan data transaksi rutin Anda seperti transfer, pembayaran dan isi ulang handphone.
  1. Informasi Saldo dan Transfer
    Penarikan Tunai, Informasi Saldo, Cetak 5 Transaksi Terakhir dan Transfer Antar Rekening Mandiri.

 

2. Tips Penting bagi Nasabah

  1. Pada Saat Menerima Kartu ATM
    • Segera tanda tangani kartu pada kolom signature panel.
    • Buat catatan berisi nomor rekening, nomor kartu dan nomor telepon cabang dan  Mandiri Call. Simpanlah catatan ini di tempat yang aman.
    • Segera lakukan penggantian PIN awal. Selanjutnya biasakan mengganti PIN secara berkala. Hindari membuat rumusan PIN yang mudah ditebak misalnya tanggal lahir, atau nomor telepon.
    • Hapalkan PIN. Hindari menulis PIN di dompet, tas, pada kartu atau media lain yang mudah dibaca orang lain
    • Dianjurkan untuk melakukan registrasi/pendaftaran sarana ebanking lainnya seperti Internet Banking, SMS Banking dan Mandiri Call, agar lebih mudah untuk memonitor rekening.
  2. Selama Menjadi Nasabah
    • Jangan pernah memberitahukan PIN kepada orang lain, baik lisan, melalui telepon atau SMS
    • Jangan pernah memberikan nomor kartu kepada pihak lain selain kepada Bank Mandiri.
    • Pastikan kartu selalu berada di tempat yang aman.
    • Kartu jangan sampai tertekuk atau tergores.
    • Segera telepon Mandiri Call 14000, apabila kartu hilang atau dicuri, sekaligus minta agar kartu diblokir.
    • Dalam melakukan pembayaran tagihan PLN dan Telkom, sebaiknya lakukan pembayaran lebih dini, mengingat pada saat menjelang due date pembayaran, biasanya akan terjadi load yang sangat tinggi pada system PLN dan Telkom, sehingga tingkat keberhasilan transaksi bisa menurun.
  3. Saat Bertransaksi
    • Batalkan transaksi dan segera laporkan ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing/kabel yang tidak wajar.
    • Segera pindah ke ATM lain jika lokasi ATM gelap atau tersembunyi
    • Pada saat antrian di ATM pastikan orang lain tidak bisa melihat PIN dan nomor kartu.
    • Untuk menghindari terjadinya salah bayar, maka sebelum melakukan konfirmasi akhir untuk transaksi pembayaran yang dilakukan, periksa kembali secara seksama (melalui screen konfirmasi) data nomor telepon, ID pelanggan PLN, kode booking, atau nomor kartu kredit yang telah dientry sebelumnya.
    • Periksa bukti transaksi sebelum meninggalkan ATM. Simpanlah bukti tersebut.
    • Segera mengambil uang dan kartu, karena bila terlalu lama tidak diambil maka uang atau kartu akan masuk kembali ke dalam mesin.
    • Hindarkan menghitung uang di tempat yang terbuka
    • Jika kartu tertelan mesin, segera hubungi petugas cabang. Apabila petugas cabang tidak ada segera hubungi Mandiri Call 14000 dan minta kartu agar diblokir.

FAQ Mandiri ATM

1. Apakah kartu dari bank lain dapat digunakan di Mandiri ATM ?

Mandiri ATM dapat digunakan oleh :
  • Seluruh Kartu Mandiri Debit untuk semua layanan transaksi
  • Kartu Kredit Mandiri Visa dan Master untuk tarik tunai dan inquiry tagihan
  • Kartu Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk tarik tunai, informasi saldo, ganti PIN, transfer antar rekening BSM, transfer dari BSM ke Mandiri dan Bayar Zakat
  • Kartu dengan logo LINK untuk tarik tunai, informasi saldo dan Transfer Antar Bank jaringan LINK
  • Kartu dengan logo ATM Bersama untuk tarik tunai, informasi saldo dan Transfer Antar Bank jaringan ATM Bersama dan Isi Ulang Mandiri Prabayar
  • Kartu dengan logo Prima untuk tarik tunai, informasi saldo dan Transfer Antar Bank jaringan Prima
  • Kartu dengan logo Visa/Plus untuk tarik tunai dan informasi saldo
  • Kartu dengan logo MasterCard/Cirrus untuk tarik tunai dan informasi saldo

2. Berapa jumlah maksimal satu kali penarikan di ATM Mandiri :

Transaksi penarikan maksimal per penarikan adalah :
  • Rp. 500.000,- pada ATM dengan denominasi Rp.20.000,-
  • Rp. 1.250.000,- pada ATM dengan denominasi Rp. 50.000,-
  • Rp. 2.500.000,- pada ATM dengan denominasi Rp. 100.000,-.

3. Bagaimana melakukan penarikan sampai jumlah maksimal atau jumlah lain pada ATM dengan denominasi Rp. 20.000,- Rp.50.000,- dan Rp. 100.000,-, karena jumlah maksimal yang ada di screen hanya Rp.1.000.000,- dan Rp.2.000.000,- ?

Lakukan melalui menu Penarikan Jumlah Lain, Masukkan Jumlah Penarikan, Pilih Cetak Resi atau Tidak, Tunggu Uang Keluar dan jangan meninggalkan mesin ATM sebelum kartu dan uang keluar.

4. Menu apa sebaiknya yang dipilih bila hanya akan melakukan satu kali transaksi penarikan ?

Pada Menu Utama silahkan langsung pilih nominal yang tersedia, Pilih Cetak Resi atau Tidak, Silahkan tunggu dan jangan meninggalkan mesin ATM sebelum kartu dan uang keluar.

5. Berapa biaya yang dikenakan bila melakukan transaksi pembayaran tagihan atau pembelian melalui ATM Mandiri ?

Pada hampir semua transaksi pembayaran tagihan di Mandiri ATM, nasabah tidak dikenakan biaya, kecuali untuk pembayaran tagihan listrik (PLN) nasabah dikenakan biaya Rp. 3.500,- per transaksi dan pembayaran tagihan Telkom nasabah dikenakan biaya Rp. 2.500,- per transaksi.

6. Untuk transaksi lainnya apakah nasabah dikenakan biaya ?

Untuk nasabah Bank Mandiri, hampir semua layanan disediakan secara gratis, kecuali pencetakan 5 mutasi terakhir dan cetak bukti transaksi sms banking nasabah dikenakan biaya Rp. 1.000,- per transaksi.

7. Siapa saja yang bisa menggunakan layanan transaksi inquiry pinjaman ?

Semua nasabah yang mempunyai kartu Mandiri Debit dan mempunyai rekening pinjaman perorangan. Rekeningnya tersebut terlebih dahulu harus didaftarkan melalui Cabang.

8. Bila uang di mesin ATM habis, apakah mesin masih bisa digunakan bertransaksi ?

Masih, untuk transaksi-transaksi non tunai.

9. Apabila resi/struk transaksi di mesin ATM habis, apakah nasabah masih bisa melakukan transaksi?

Bisa, untuk transaksi selain payment, pembelian dan transfer.

10. Apa yang dilakukan bila pada transaksi yang dilakukan terjadi masalah, misalnya rekening terdebet uang tidak keluar, atau keluar sebagian ?

Lapor segera ke Mandiri Call 14000, dengan menyampaikan data terkait.

11. Apa saja fitur/layanan Mandiri ATM saat ini ?

Saat ini di ATM Mandiri sudah tersedia lebih dari 100 fitur/layanan, yang pada intinya terdiri dari: (Fitur lengkap lihat di Fitur ATM Mandiri) :
  • Penarikan Tunai
  • Informasi Rekening Tabungan, Valas, Pinjaman
  • Transfer Antar Rekening Bank Mandiri dan Antar Bank
  • Pembayaran Tagihan Rutin (Listrik/Gas, Telpon/HP, Kartu Kredit , PAM, Pendidikan, Pajak, Asuransi, Angsuran dan Pinjaman Bank, TV Kabel/Internet, Tiket Pesawat, Zakat, dll)
  • Pembelian Voucher Handphone (Mentari, Simpati, XL, IM3 Smart, Flexy, Esia, Fren, 3)
  • Mini Statement / Cetak 5 Transaksi Terakhir
  • Registrasi eBanking : Mandiri SMS, Mandiri Internet, Mandiri Call
  • Cetak Bukti Transaksi Mandiri SMS
  • Kartu Mandiri Prabayar : Top Up, Informasi Saldo, Histori Transaksi dan Update Saldo

12. Bagaimana cara mengetahui lokasi ATM Mandiri ?

Dapat menanyakannya ke Cabang, Mandiri Call 14000, atau lihat di website Bank Mandiri.

13. Berapa jumlah ATM Mandiri yang beroperasi saat ini ?

Lebih dari 10.000 ATM yang tersebar di seluruh pelosok negeri.

14. Apa yang dapat dilakukan apabila mendapatkan ada mesin ATM yang tidak beroperasi ?

Bisa menanyakannya ke Mandiri Call 14000.

15. Kenapa pada awal bulan beberapa transaksi pembayaran tagihan tidak dapat dilakukan?

Karena pada saat itu data tagihan dari Operator/Biller belum tersedia.

16. Apa kiat agar transaksi pembayaran tagihan bisa berjalan lebih lancar ?

Dalam melakukan pembayaran tagihan sebaiknya dilakukan tidak pada hari hari terakhir batas waktu pembayaran (due date). Karena pada periode ini transaksi sangat tinggi.

17. Apa yang bisa dilakukan bila pada saat melakukan transaksi pembelian pulsa, transaksi berhasil rekening didebet namun pulsa belum bertambah?

Nasabah dapat menghubungi Mandiri Call 14000.

18. Bagaimana cara untuk menghindarkan terjadinya transaksi transfer, pembelian atau payment yang tidak benar atau salah bayar?

Biasakan untuk memeriksa kembali dan memastikan semua data yang ditampilkan system pada saat konfirmasi sudah sesuai dengan transaksi yang diinginkan.

19. Bagaimana kiat aman bertransaksi ATM ?

  • Senantiasa jaga kerahasiaan PIN ATM anda dan tutupi jari anda dengan tangan pada saat input PIN di ATM
  • Batalkan transaksi dan segera laporkan ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing/kabel yang tidak wajar.
  • Segera pindah ke ATM lain jika lokasi ATM gelap atau tersembunyi
  • Pada saat antrian di ATM pastikan orang lain tidak bisa melihat PIN dan nomor kartu.
  • Periksa bukti transaksi sebelum meninggalkan ATM. Simpanlah bukti tersebut.
  • Segera mengambil uang dan kartu, karena bila terlalu lama tidak diambil maka uang atau kartu akan masuk kembali ke dalam mesin.
  • Hindarkan menghitung uang di tempat yang terbuka.
  • Jika kartu tertelan mesin, segera hubungi petugas cabang. Apabila petugas cabang tidak ada segera hubungi Mandiri Call 14000 dan minta kartu agar diblokir.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saving Money Info - Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger